Departemen Gorong-Gorong Jakarta dan Jabodetabek

Opini ini saya tulis pada 24 Mei 2007 di situs wordpress saya yang lain. Situs nya sudah terblocked/terhapus karena suatu hal. But you can find it through Web Archieve.

http://web.archive.org/web/20071118225847/http://bangsabodoh.wordpress.com/2007/05/24/departemen-jalan-raya-dan-gorong-gorong/#more-17

Setiap hujan turun, meski tidak terlalu deras, tak lama kemudian nampak beberapa jalan di Jakarta menjadi tergenang. Setelah hujan reda, genangan kadang masih saja ada. Di harian kompas pun sering memberitakan beberapa ruas jalan di jakarta yang selalu tergenang bila hujan turun. Yang pernah saya alami adalah: – perempatan Kota – Glodok – jalan sudirman ke arah bundaran HI dari Sarinah – jalan dekat JDC Tanah Abang – jalan Palmerah – jalan Rasuna Said Kuningan.

Saya lihat penyebabnya adalah tersumbatnya saluran drainase dan gorong-gorong. Saya yakin bahwa gorong-gorong di jakarta belum tentu setahun sekali dibersihkan. Untuk jalan rasuna said saya amati genangan air makin besar setelah ada proyek tiang-tiang monorail (bahkan beberapa ubin diatas jembatan penyeberang retak-retak dan lepas dari lantai dasarnya). Ya gampang saja, kita menyatakan tanpa terbantahkan bahwa Pemda DKI tidak mampu me-manage jalan dan darinase di wilayahnya. Bang Yos, piye Bang….anak buah ente tidak becus semua!

Usulan saya adalah semua jalan dan drainase yang ada di seluruh Indonesia harus dikelola oleh satu Departemen atau Dirjen dan dipimpin oleh pribadi yang becus tidak gaya tidak asal-asalan. Bagusnya sih dipimpin oleh seorang Tukang Insinyur Jenius lulusan Universitas bergensi, dalam maupun luar negeri. Selain masalah drainase, saya lihat juga banyak jalan-jalan rusak baik di jakarta maupun di daerah.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s