Adakah Pengaruh Dongeng Mitologi Yunani Kuno dalam Beberapa Kisah Alquran?

Sebagian orang di Bumi percaya bahwa TUHAN itu ada. Sebagian lagi percaya Tuhan itu tidak ada.

Karena saya lahir di Indonesia dari Keluarga Islam … Otomatis doktrin yang saya terima sejak kecil menjadikan saya percaya bahwa TUHAN ITU ADA, kudu sholat lima waktu dan tertulis beragama islam di KTP saya … (Boleh enggak milih freelance monotheism ala Karen Armstrong? UU belum membolehkan kayaknya)

Buat yang percaya Tuhan itu ada, terbagi dalam dua kelompok:

1. Percaya bahwa Tuhan setelah menciptakan alam semesta tidak cuma bengong saja membiarkan alam semesta berjalan sesuai sistem (hukum ruang dan waktu) yang telah dia ciptakan (sistem diciptakan berbarengan maupun sebelum alam semesta itu ada). Tuhan masih bisa ikut campur tangan dengan ciptaan dia, tuhan masih bisa “bertemu” dengan orang terpilih (dalam islam sebagai dikenal sebagai Nabi) ~ TUHAN VERSI NOMOR SATU

2. Percaya bahwa Tuhan setelah menciptakan alam semesta ya cuma bengong saja membiarkan alam semesta berjalan sesuai sistem (sunatullah) sampai sistem tersebut rusak /kiamat … (non literaly: Our God just sit under the apple tree in the heavenly sky) ~ TUHAN VERSI NOMOR DUA

Yang lebih lengkap ada di sini http://en.wikipedia.org/wiki/Deism dan di sini http://simple.wikipedia.org/wiki/Theism

SAYA PERCAYA  TUHAN YANG NOMOR DUA, mudah-mudahan bukan cuma saya seorang diri …

Sebenernya sih saya masa bodoh juga kalau cuma saya seorang diri …

Jauh sebelum Islam dikenalkan (kembali) oleh Muhammad di Mekkah tahun 600 Masehi … Di Yunani ada kepercayaan keagamaan bahwa Pencipta Alam Semesta adalah Dewa-Dewa di langit yang berinteraksi dengan manusia di bumi …

Beberapa hal yang saya simpulkan dari nonton film kartun Hercules, Film Hollywood Hercules, baca dongeng di buku dan sedikit nemu di internet adalah (mungkin ada yang nyampur antara Dewa Yunani dan Dewa Romawi) antara lain:

a. Zeus adalah Dewa yang abadi Immortal

b. Zeus punya anak namanya Hercules (apakah hasil sexual intercourse? ini mengingatkan saya pada kisah Dewa dalam kepercayaan Hindu, Mahabharata?, yang menceritakan Dewa bisa punya anak setelah berhubungan dengan wanita bumi … (Gak tahu siapa yang copy siapa).

c. Zeus, Hades, and Poseidon were male sons of Rhea and Cronus. Cronus swallowed his children, but Rhea had hidden away Zeus. When Zeus grew up he rescued the other children and became the God of Gods. Poseidon was given the oceans, and seas to rule. Hades, the underworld to rule. Poseidon and Hades both went too far occasionally and Zeus brought them to heal. Baca di sini http://answers.yahoo.com dan  http://en.wikipedia.org/wiki/Zeus

d. Kalau Dewa marah, doi bisa mengirim petir dari langit, bisa lautan jadi liar dan ganas … banyak lagi …

E. Hercules bertemu dan bercakap dengan Dewa

Dalam kisah Hercules dan kisah kuno itu yang saya tahu (entah fiksi hollywood maupun memang ada “kitab sucinya”) Tuhan (Dewa) kadang (atau sering) campur tangan dalam kehidupan manusia di bumi … Dewa-dewa itu sering menolong “anak emas” mereka yang terdesak supaya “selamat”.

Baca lainnya http://id.wikipedia.org/wiki/Mitologi_Yunani

Buat saya yang beragama Islam … Kalau baca kisah dan lihat film Hercules jadi ketawa … “Ada-ada saja itu Dewa …”

Ternyata oh ternyata …

Pertengahan tahun 2011 tiba-tiba saya menyadari bahwa dalam Al Quran meskipun Tuhan sudah tidak lagi berwujud sebagai person lagi, namun ada beberapa kisah tentang “Kegiatan Tuhan” yang tidak jauh berbeda dengan “kegiatan Dewa Yunani Kuno”

Pernahkah ada ahli tafsir atau penulis (authoriy) sekelas Al Ghazali yang menulis tentang hal ini …

Apakah cerita dalam Alquran di bawah ini terinspirasi kisah-kisah mitologi Yunani kuno ???

1. Tuhan menampakan diri di BUMI kepada MUSA

Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa, “Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau.” Tuhan berfirman, “Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku. Tapi lihatlah ke gunung itu, jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku”. Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu, dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata, “Maha Suci Engkau, aku bertaubat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman.” ~ Ayat 143 surat Al-A’raf

2. Tuhan mengirimkan squadron tempur burung buat membunuh Pasukan Gajah yang bermaksud meratakan Kabah

“Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah memperlakukan tentara gajah?. Bukankah Dia telah menjadikan tipudaya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?. Dan Dia mengirim kepada mereka burung yang berbondong-bondong. Yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)” ~ Qs. Al Fill 1-5

3. Tuhan melalui malaikat MEMBALIKAN rumah tempat kaum Gay & LBGT yang tidak patuh pada Nabi Luth

Nabi Ibrahim bertanya, “Apakah urusan kamu sekalian, wahai para utusan?” Mereka menjawab, “Sesungguhnya kami diutus kepada kaum yang pendosa (kaum Luth), agar kami timpakan kepada mereka batu-batu dari tanah yang (keras) yang ditandai di sisi Tuhanmu untuk (membinasakan) orang-orang yang melampaui batas.” (Adz-Dzariyat: 31-34)

“Dan tatkala utusan Kami (para malaikat) datang kepada Ibrahim membawa kabar gembira, mereka mengatakan, ‘Sesungguhnya kami akan menghancurkan penduduk kota (Sodom) ini. Sesungguhnya penduduknya adalah orang-orang yang zhalim.’ Ibrahim berkata, ‘Sesungguhnya di kota itu ada Luth.’ Para malaikat berkata, ‘Kami lebih mengetahui siapa yang ada di kota itu. Kami sunguh-sungguh akan menyelamatkan dia dan pengikut-pengikutnya, kecuali isterinya. Dia adalah termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan).’” (Al-Ankabut: 31-33)

4. Tuhan melalui Malaikat MENGIRIMKAN SEMBELIHAN (Domba dari langit?) ketika Ibrahim hendak membunuh (menyembelih) anaknya

Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar ~ Ash-Shaaffaat:107

5. Tuhan memeberikan MANNA (meal & mrinks) kepada rombongan musa yang kelaparan pas exodus dari Mesir

Ayat Alquran lagi dicari …

6. Tuhan memberikan paket makanan kepada Maryam

Terdengar langkah-langkah renta lelaki tua berjalan perlahan-lahan ke mihrab itu. Zakariya terkejut karena di mihrabnya telah tersaji buah-buahan dan makanan lezat. Ia heran dan berkata kepada Maryam, “Hai Maryam, dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” (QS. Ali Imran (3): 37).

Maryam menjawab, “Makanan itu dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab”. (QS. Ali Imran (3): 37)

7. Tuhan secara fisik membawa Muhammad isra mi’raj untuk bertemu dengannya (sebagian umat islam percaya miraj secara jasmani bukan ruhani)

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. ~ Al Isra

8. Tuhan memerintahkan Musa menggunakan tongkat sakti mandraguna biar Musa selamat dari proses pembunuhan oleh Firaun

Dan (ingatlah), ketika kami belah laut untukmu, lalu kami selamatkan kamu dan kami tenggelamkan (Fir’aun) dan pengikut-pengikutnya sedang kamu sendiri menyaksikan (QS 2:50). Dan kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir’aun dan bala tentaranya, Karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir’aun itu Telah hampir tenggelam berkatalah dia: “Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)” (QS 10:90). Dan Sesungguhnya Telah kami wahyukan kepada Musa: “Pergilah kamu dengan hamba-hamba-Ku (Bani Israil) di malam hari, Maka buatlah untuk mereka jalan yang kering di laut itu, kamu tak usah khawatir akan tersusul dan tidak usah takut (akan tenggelam)” (QS 20:77). Maka Fir’aun dengan bala tentaranya mengejar mereka, lalu mereka ditutup oleh laut yang menenggelamkan mereka (QS 20:78). Lalu kami wahyukan kepada Musa: “Pukullah lautan itu dengan tongkatmu”. Maka terbelahlah lautan itu dan tiap-tiap belahan adalah seperti gunung yang besar (QS 26:63).

9. Tuhan menyelamatkan Yesus (Nabi Isa) supaya lolos dari pembunuhan

“Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. (An Nisaa’: 157)

10. Bintang sebagai panah untuk setan yang mendekati langit …

Sesungguhnya kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar setan dan kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala. (surat 67:5).

Dan sesungguhnya kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan kami telah menghiasi langit itu bagi orang yang memandangnya. Dan kami menjaganya dari tiap-tiap setan yang terkutuk. Kecuali setan yang mencuri dengar (di langit) lalu dia dikejar oleh semburan api yang terang. (QS: 15:16-18).

(beberapa kisah di atas ada juga di Alkitab, cek sendiri ya)

Saya menyimpulkan …. “ya ada pengaruh dongeng mitologi Yunani kuno dalam Alquran”.  Kesimpulan saya adalah karena kisah-kisah yang pernah terjadi di atas sejak saya kecil tidak pernah saya alami lagi atau saya lihat lagi … Sehingga saya menyimpulkan bahwa Tuhan adalah “Tuhan Versi Nomor Dua”

Diskusi dengan Bapak Saya pada sekitar 10 tahun yang lalu

GW: Mengapa mukjizat dan kejadian Tuhan ikut campur dalam kehidupan manusia tidak lagi terjadi saat ini?

BAPAK: Karena itu cuma hak para Nabi, Nabi kan pilihan Tuhan, jadi harus dilindungi, setelah Nabi Muhammad yang nabi terakhir ya tidak ada lagi

GW: ….. (wah Bapak gw cuma segitu doang … gak bakalan nyambung …)

Pilihan TUHAN yang Nomor satu atau Tuhan yang nomor dua di atas akan berdampak dalam penafsiran ALQURAN … Saya yang percaya TUHAN adalah TUHAN VERSI NOMOR DUA ketika menafsirkan ALQURAN tentunya akan berbeda dengan penasfiran yang percaya tuhan adalah yang nomor satu …. Apalagi saya gak bisa baca arab gundul.

Beda pilihan tentunya beda penafiran …

Saya baru sadar mengapa banyak yang tidak bisa memahami penafsiran saya yang menafsirkan Alquran berangkat dengan dasar kepercayaan bahwa Tuhan adalah TUHAN YANG VERSI NOMOR DUA dan berdasarkan kepercayaan saya bahwa kisah-kisah Alquran diatas adalah hanyalah perumpamaan sebagaimana penjelasan Tuhan …

Dan sesungguhnya telah Kami buat dalam Al Quran ini segala macam perumpamaan untuk manusia,….. (QS Rum 30:58)

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s