Apa itu Negara Islam?

Pengertian Negara Islam

Jika pertanyaan tsb diajukan kepada sebagian (besar? or kecil?) umat islam, maka berikut yang kemungkinan besar dijawab:

Negara dimana Rakyat – nya diatur dengan Hukum (Syariat) Islam yang menggunakan Alquran.

Namun dalam kaca mata saya, maka yang disebut Negara Islam adalah Negara yang aman sejahtera dan makmur dimana anak seorang tukang becak tidak lagi hanya berpotensi menjadi tukang becak karena Negara diatur sedemikian rupa oleh hukum yang adil. Negara ini juga harus aktif dengan politik luar negerinya yang amar maruf nahi munkar (mengajarkan yang baik, meninggalkan yang buruk).

Dari pengertian saya ini, maka negara islam tidak selalu harus “plek” seperti negara yang didirikan oleh nabi Muhammad pada sekitar tahun 660 Masehi di Semenanjung Arab. Negara Islam Muhammad hanyalah salah satu contoh saja dari sebuah negara yang Aman Sejahtera dan Makmur. Jadi siapapun bebas membuat “Negara Islam” yang tidak sama persis dengan Negara Islam ala Muhammad.

Hanya saja sayangnya dalam catatan Alquran semua Negara Aman Sejahtera dan Makmur yang pernah ada, Negara Islam Nuh, Negara Islam Syuaib (Madyan), Negara Islam Ibrahim, Negara Islam Musa menggunakan sistem yang sama sebagaimana ditiru oleh Nabi Muhammad (Madinah).

Apakah Negara Islam itu agresif? Tentu saja namun dalam hal Amar Maruf Nahi Munkar. Maksudnya? Begini ketika Firauan melakukan kesewenang-wenangan di daerah yang sekarang disebut Mesir, dimana Rakyat yang miskin diperbudak, maka Syuaib mengirimkan pasukan dibawah komando Musa untuk menaklukan Mesir.

Tentunya yang anda jumpai dalam Alquran dan Alkitab hanya kisah perumpamaan mengenai perselisihan pribadi Musa Vs Firauan

Demikian juga pada saat Nabi Muhammad meninggal dunia, penggantinya yaitu empat khalifah dengan aktif menyerang daerah-daerah seperti Irak, Iran, Romawi Timur, Mesir dsb dimana penguasa daerah tersebut zalim terhadap rakyat kecil. Namun yang biasanya disalahpahamkan oleh sebagian besar orang, setelah pasukan Negara Islam berhasil menguasai daerah tersebut tidak ada sedikitpun pemaksaan untuk pindah agama. Tanah pertanian, peternakan pun dibagi-bagi (land reform) kepada rakyat miskin tidak dikuasai oleh Pasukan Islam. Sehingga umumnya penduduk yang sebelumnya terzalimin oleh kekuasaan zalim sebelum islam, akan mendukung kedatangan dan kemenangan pasukan islam.

Sedikit menyimpang, mengapa penduduk Irak, Suriah, Mesir dan Iran dalam waktu tidak terlalu lama memeluk agama islam? ya anda bayangkan saja, negara anda dikuasai oleh pasukan yang tidak zalim yang banyak didominasi oleh komandan berkulit hitam. Salah satu panglima perang Muhammad adalah Usamah Pemuda 19 tahun berkulit hitam anak seorang bekas budak kulit hitam. Padahal masa itu warga negro kulit hitam adalah golongan budak. Dalam hal martabat, satu-satunya mengangkat derajat hidup, rakyat jelata adalah dengan masuk Islam. Jika rakyat jelata tetap beragama seperti sebelumnya, maka mereka melihat bahwa anak keturunan mereka yang selama ini merupakan kasta rendah, akan tetap berkasta rendah. Pindah agama adalah satu-satunya solusi. Sementara golongan menengah pun tidak mau kalah, kalau mereka tidak berpindah agama, maka nantinya anak keturunan rakyat jelata lah yang menjadi pemimpin mereka. Dalam hal pajak, orang non islam membayar pajak yang lebih besar dari orang islam. Maka satu-satunya cara mengurangi pengeluaran adalah pindah ke Islam.

Negara Islam dan Uang Emas

Apakah negara islam harus menggunakan mata uang emas? Uang Emas sudah dipakai sebelum masa islam, yaitu oleh Kerajaan Romawi. Negara Islam Muhammad hanya mempopulerkannya. Bahkan jauh sebelum itu mungkin Alexander the Great pun memakainya. Uang Emas lebih baik dari uang kertas biasa. Uang emas memungkinkan siapapun yang memakainya untuk menjaga nilai kekayaannya dari kejatuhan nilai sebagai akibat naik turun nilai tukar mata uang. Biar mudah pada tahun 1998, sebagian besar kekayaan rakyat indonesia tiba-tiba berkurang menjadi sepertiganya, gara-gara Kurs Dollar Rupiah naik tajam, dari 1 USD= Rp.3,000 menjadi 1USD = Rp.9,000 (bahkan sempat Rp.15,000).

Baca juga: Uang Emas dan Keterbatasan Jumlah Emas di Dunia

Advertisements

One thought on “Apa itu Negara Islam?

  1. Pingback: Apa itu Negara Islam? « Cahayapelangi Blog

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s