Anda percaya bahwa SCTV adalah Stasiun TV #1 di Indonesia?

Hari ini saya baca Kompas edisi Senin 10 Des 2007. Pada halaman 5 ada iklan sbb: ” SCTV Stasiun televisi No. 1 (di Indonesa donk, masa di Malesa). Iklan tersebut menggunakan sumber survey AGB Nielsen Media Research dengan target pemirsa ABC 5+ 10 kota rating, 10 TV Swasta Nasional.

Pertanyaan diatas dapat diajukan kepada TV-TV lainnya

Iklan menyebutkan “Audience Share” Stasiun TV Pilihan Pemirsa Minggu 0748 (data terbaru):
SCTV: 17.71 %
TV A: 17.66 %
TV B: 16.84 %
TV C: 12.95 %
TV D:  8.60 %

Yang membuat saya bingung adalah minggu kemarin saya baca di koran yang sama, harian Kompas, ada iklan yang menampilkan Indosiar TV # 1 di  Indonesia yang merupakan hasil survey versi AGB Nielsen juga ….  belum sebulan kok sudah ganti urutan ya, piye iki?!

Saya pribadi, tidak percaya hasil survey macam begini, lha wong diadakan dengan cara sampling kok!  Kalau mau fair coba seluruh TV adakan acara yang tayang bersama yaitu “kirim SMS dukungan untuk TV favorit anda!” Hadiah utama ratusan Mobil, Hape, TV dan motor. Satu Nomor Hape = Satu SMS. Nah baru ketahuan hasilnya siapa #1, kan jutaan SMS bakalan masuk!

Selain itu saya sendiri kalau menonton TV suka ganti-ganti, yaitu:
– Metro TV, untuk berita jam 9 malam dan berita olahraga, Kick Andy, (kadang-kadang) News dot com
– Trans TV: Extravaganza, (kadang-kadang) Film-film box office dan Makan-makan Maknyuss
– ElShinta: Berita-berita ringan macam cara membuat arang batu dll
– DAAI TV: Berita-berta sosial
– TV 7: Empat Mata (sebentar)
– SCTV: Plyaboy Kabel
– RCTI: (kadang-kadang) Crayon Shinchan!
– An Teve: Silat Lidah nya si Julia Perez
– Dll

Pembantu saya di rumah lebih suka melototin film Indosiar yang biasanya memutar sinetron misteri dan cinta yang ada lagu dangdut.

Buat para pemasang iklan, jangan mudah terjebak deh dengan hasil survey-surveyan. Anda tinggal tanya kiri kanan tetangga anda di Kawasan Elit dan juga perkampungan, tanya ke mereka apa nama acara yang sering di tonton untuk hari-hari yang berbeda selama seminggu.

Selain itu biasanya ketika ada suatu acara laku keras, pasti iklannya banyak sekali, tahu enggak apa yang biasa saya lakukan? Pindah saluran tv!

10 thoughts on “Anda percaya bahwa SCTV adalah Stasiun TV #1 di Indonesia?

  1. emyou

    gak percayaaaaa!!!!

    coz kalo versi gw sendiri, yang sering gw tonton:
    – Metrotv: suka juga ama News Dot Com, Kick Andy n acara2 berita berbahasa indonesia-nya (kalo yang bahasa mandarin, gw lompatin. ga paham 😀 )
    -Ochannel: suka banget Pagi Jakarta (kecuali pas dalam rangka promosi terselubung) dan tentunya acaranya Mario Teguh
    -Transtv: nonton Akhirnya Datang Juga n Extravaganza

    Tus apa lagi yak… paling Atashinchi (kalo gak salah anteve, masi tayang gak si??), Crayon Shinchan, OB (RCTI) n Detective Conan (Indosiar)

    Tuh kan… gak ada SCTV :p

    Eh.. anyway.. ini pertamaxx bukan??

    Reply
  2. biarmasdhenk

    mas….
    ase nilsen tuh sapa seh 🙂
    kok sudah jadi kitab suci dan agama buwat tipi tipi (dan yg laen)

    kesimpulannya: saya gak percaya, lha wong yg memberi penilaian juga gak pernahdi audit (yo ra)

    iRW: wah sama donk saya jg penasaran dgn si Nielsen, pake ISO dulu apa ya? Mas Dhenk, gimana caranya biar blog AKUSUKA muncul di blogrol blog sampean?

    Reply
  3. Satria

    Saya gak percaya tuh! Sulit dipercaya kalau hanya ada AC Nielsen. Kayaknya para blogger perlu bikin rating tersendiri nih untuk menandingi si Nielsen.

    Coba kita mulai dengan. Acara televisi yang paling jelek. hehehehe…..

    IRW: Wah saya setuju dengan usulan rating “acara televisi” paling jelek …. supaya yang bikin acara tidak asal-asalan. saya jadi ingat film Maling eh Malin Kundang, dimana yang jadi ibu si Malin (Fachri Albar) adalah Deasy Ratnasari yang wajahnya tidak di-makeup supaya terlihat tua, jadinya si Deasy malah cocok juga jadi pacarnya si Malin.

    Reply
  4. Cahya Yustia Rio

    kayaknya Indosiar tuh maksudnya #1 untuk program acara dengan target pemirsa umum.
    Setau gw, Indosiar memosisikan dirinya sebagai stasiun televisi yang memiliki target pemirsa dari segala lapisan ekonomi, dari kelas A sampai D. Jadi programnya bervariasi, mulai dari Republik BBM, drama dangdut, AFI, Stardut, ampe Drama Korea – Jepang.
    Kalo TV yang lain-lain kan biasanya target pemirsanya ada kelas tertentu. Misalnya Trans TV, RCTI, dan Metro TV, targetnya pemirsa kelas SES A-B (atas dan menengah). Sedangkan TPI punya target pemirsa C. (maklum.. saya lagi skripsi tentang stasiun TV – jadi rada-rada sok tahu). Hohoho…
    Kalo aku suka Indosiar, soale ada Drama Koreanya.. hahaha…

    Reply
  5. dita

    hmmm survey agb nielsen itu cukup bisa dipercaya meski masih harus lebih dicermati lagi….
    soalnya kategorinya juga bejibun.
    kita harus pilah lagi angka tertinggi yg didapat itu untuk PROGRAM apa, JAM TAYANG kapan, WEEKEND atau WEEKDAY, GOLONGAN apa.
    nah saya bisa terima kalau SCTV mengklaim dia no. 1, tapi klo bisa kasih saran ke mereka JANGAN TERLALU BANGGA LAH, WONG YANG DIUSUNG JUGA CUMA SINETRON BOMBAY KOK.
    klo SCTV atau TV lainnya bisa bikin program dengan kategori yg lebih OK baru boleh bangga kalau mendapat hasil rating tertinggi.

    Reply
  6. purmana

    AC Nilesen tuh apaan ???

    Saudaranya AC MILAN ato AC SANYO ya…?? 😆

    SCTV…. hmmm, perasaan gak ada program bagusnya deh. Paling cuma sinetron malem yg nampilin Cintya Bella nya…. 😳

    Kalau menurut pandangan saya sih no-1 adalah TRANS-TV, no-2 RCTI, no-3 AN-TV, no-4 LaTIVI.

    ANTV dan LaTivi keren !!! Khususnya acara sport dan Sepak Bolanya…… coz I like sport so much.

    Reply

Leave a Reply

