Membuat BANK EMAS di Indonesia (Rupiah vs US Dollar!)

Akhir-akhir ini harga emas cenderung naik (sejak 1970, harga emas semakin tinggi), sebaliknya US Dollar (apalagi rupiah) semakin turun nilainya.

Barusan saya cek ternyata harga emas sempat naik turun juga, meskipun ada kecenderungan untuk naik.

Jumlah uang yang kita tabung di bank konvensional, Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank lainnya, selama setahun tidak banyak memberikan hasil (result). Mau mencoba usaha wiraswasta? Wah takut gagal (banyak ditulis di buku-buku, 90% usaha yang baru berdiri akan gagal dalam 1 hingga 3 tahun ke depan).

Beberapa jalan ke luar adalah:

1. Menabung dalam bentuk US Dolar. Tapi US Dollar mempunyai kelemahan, yaitu semakin lama semakin turun nilainya dibandingkan nilai emas, terhadap Euro pun, US Dollar cenderung melemah.

2. Investasi dalam bentuk rumah/tanah, namun ini hanya bisa diterapkan jika uang anda (minimal) ratusan juta rupiah.

3. Beli emas batangan di outlet Aneka Logam di daerah Pulogadung (?), tapi ini berisiko membawa-bawa emas batangan pulang pergi dan hilang tercuri

4.  Beli emas perhiasan, ini juga berisiko hilang tercuri.

Saya kepikiran bagaimana kalau Bank Indonesia membuat sebuah Bank yang menerima nasabah yang mau membeli emas batangan lalu menyimpan secara elektronik di bank tsb. Kita sebut saja Bank Emas. Bank akan mengenakan biaya administrasi yang tidak terlalu mahal/yang wajar.

Jadi dalam satu tahun atau lebih, harta anda yang berbentuk deposit emas di dalam Bank Emas akan cenderung stabil / malah naik thd US Dollar.

Prinsip ini bukan hal baru, sebelumnya kita bisa membeli emas secara on line dan menyimpannya secara online juga di:

Bullion Vault
Gold Money
– Atau Lainnya di sini

Namun risikonya adalah kedua tempat jual beli emas tsb ada di luar negeri, buat kita yang ada di indonesia akan repot kalau terjadi apa-apa dengan kedua “bank emas online” tsb. Kecuali anda mudah pp ke luar negeri.

Emas sebagai mata uang bukan pertama kali dikenalkan oleh Islam (Arab), tapi Islam hanya mempopulerkan mata uang emas yang jauh pada jaman dahulu kala digunakan oleh Kekaisaran Romawi. Saat ini tidak ada satupun negara-negara Islam baik Kerajaan Arab Saudi, Iran, Irak dll yang menggunakan Emas sebagai mata uangnnya.

Mestinya Bank Indonesia lebih kreatif untuk menjaga kesejahteraan “harta benda” rakyat Indonesia, bukan cuma jual dollar untuk menjaga kejatuhan rupiah.

FYI, salah satu nota kesepakatan Indonesia dengan IMF pada tahun 1997 (tahunnya saya lupa) adalah Indonesia tidak akan menggunakan emas di dalam negeri sebagai mata uang. Jadi orang bule IMF sebenarnya tahu jalan keluar krisis moneter 1997 adalah dengan memberdayakan mata uang emas atau emas sebagai simpanan dan sejenisnya

Gimana boss? Gimana Pak SBY, JK? Bisa donk! Apa sih yang enggak bisa?

Copyright: https://akusuka.wordpress.com, 9 Desember 2007

Advertisements

3 thoughts on “Membuat BANK EMAS di Indonesia (Rupiah vs US Dollar!)

  1. kamiituaku

    yang ga bisa karena tidak ada kemauan. silakan mengunjungi wakalanusantara.com atau islamhariini.com jika ingin mengetahui tentang uang emas di indonesia

    Reply
  2. Pingback: Hukum Rajam tidak ada dalam AlQuran Mengapa Nabi Muhammad Pernah Memerintahkan Rajam Pelaku Zina « menulis apa saja yang AKUSUKA

  3. Pingback: SBY gagal membuat nilai tukar rupiah kuat dan saya prediksi JOKOWI juga sama saja | aku suka

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s